12 September 2014

Teller Sampai Teler: Catatan Seru Mantan Teller Bank






Awalnya tulisan ini iseng saya tulis di blogwww.ferhatt.com. Alasannya simple. Soalnya banyak hal menarik jika diingat ketika menjadi teller. Sebab menjadi teller bank bukan cuma urusan terima beri uang ke nasabah. Disini kita berhadapan dengan namanya 'karakter nasabah/orang'.

Berhadapan dengna nasabah cerewet padahal dianya kere, orang kaya tapi belagu, orang biasa aja tapitampilannya mentereng, duitnya kagak banyak tapi gayanya selangit, bule kesasar nukar uang tapi pake bahasa tarzan. Banyak deh!

Kalo diingat-ingat jadi lucu. Juga seru. Makanya di detik-detik menjelang resign saya coba menjadi blogger dan menulis kisah-kisah itu. Harapannya cuma kepingin jadi rekam jejak. Jadi nanti, ketika suatu saat lagi suntuk, bosan, bisa baca-baca ulang sambil bernostalgila. Ataupun ketika tua nanti, ada bahan cerita sama anak-cucu. "Nduk, bapakmu ini dulunya teller bank. Sibuk ngitung uang sampe lupa ngitung uang sendiri.."

Konsentrasi menulis cerita-cerita ini makin rajin selepas resign dari Bank april 2013. Resign yang udah dipikirin masak-masak selama setahun penuh sambil nabung harta kekayaan.
Dan setelah melepaskan dasi, copot baju seragam, kembali jadi rakyat jelata, kerjaannya cuma mantengin laptop dan utak atik blog sana-sini. Nulis ceritanya pun makin lanjut.

Satu dua orang beri respon positif. Katanya seru, lucu, entahlah itu beneran atau angin surga. Sampe ada yang ngusulin, "udah dibukuin aja!".
Dibukuin?
Hmm..menarik juga!

Jadi setahun lalu, saya bikin resolusi hidup. Diantara mimpi kepingin naik haji, beli rumah, jalan-jalan ke Vietnam dan Maldives, satu diantaranya adalah kepingin cerita pengalaman jadi teller itu dibukukan. Selain kepingin jadi rekam jejak, juga kepingin buktiin bagi orang-orang bersuara nyaring saat saya memilih resign. Kepingin nunjukin: nih saya resign, tapi bisa beranak buku.

Rekap naskah pun lanjut. Merasa sudah komplit. Langsung kirim ke penerbit.
Hasilnya? tadaaa...
Ditolak!!
Hahahaha...
Kalau dipikir-pikir sekarang, mungkin karena salah rumah. Penerbitnya nerbitin buku apa, saya ngirim naskah gimana..

Dari dulu saya yakin, setiap naskah pasti berjodoh dengan penerbit. Cuma jalan menuju penerbit aja beda-beda. Bisa berliku-liku, belok kiri kanan, masuk jurang lewatin lembah. Intinya, pasti sampai! kalo ada usaha.

Hingga suatu hari, saya koment di statusnya kak Linda Razad yang udah senior di penerbit ternama.
"kak, kirimin alamat editor fiksi donk!"
Kak Linda langsung balas permintaan di atas. Segera ku kirim ulang naskah teller ini.
Nggak perlu tunggu lama. Hanya sebulan jawab kepastian langsung ada. Walaupun dalam perjalanan naskah ini sempat terdampar di editor buku manajemen. Hehehehee...

Bejibaku pun dimulai. Halaman buku kurang! Kurang 30-50 halaman lagi. Haduh!
Baru gini terasa gimana gempornya dikejar deadline. Deadline kerjaan, tugas kampus, ditambah deadline buku kecampur semuanya. Tapi disinilah serunya.
Lebih-lebih beberapa minggu setelahnya dikirim hasil layout, dan berdiskusi menyenangkan dengan editornya.

Dari buku ini akhirnya belajar banyak hal.
Bersyukur dengan tim yang baik di elexmedia. Beri banyak keleluasaan. Termasuk tentang cover. Minta izin covernya handle sendiri biar imajinasi di kepala bisa dituang penuh. Sadar diri, nggak bisa photoshop. Akhirnya hubungi Aslan Saputra, ia membentuk visual cukup baik dari imajinasi di kepala. Duduk berjam-jam di warung kopi berdiskusi cover unyu-unyu ini 
Termasuk merangkum sinopsis di belakang, yang space-nya sempitnya minta ampun. Tapi diusahain bikin greget pembaca sampe mau beli sekarung. Yah, mudah-mudahan ini maksimal..

Jadi Insya Allah, buku ini segera gentayangan di toko buku.
Dapatkan segera..

Teller Sampai Teler; catatan seru mantan teller bank
terbit, 15 September 2014
penerbit Elex Media
cuma Rp 34.800
181 halaman

Buku ini merangkum 17 cerita seru mantan teller bank.
Untuk para banker dan frontliner bank, wajib beli dan baca yaa..
Mari sama-sama kita meratapi nasib 



Synopsis

Beneran, jadi teller bank nggak semanis kayak penampilannya. Ribet banget! semuanya kudu diatur. Penampilan, cara pake baju, senyum, blom lagi cara nyambut nasabah. Masih mending kalo nasabahnya baik lurus kayak penggaris buku. Lha, kalo bertingkah? Banyak maunya? Sulit diatur kayak anak TK lagi istirahat?!

Beuh, nggak digaruk pake sabit aja udah paling syukur! Tapi masak sih, melulu harus ngalah sama nasabah. Sesekali nyari ribut nggak pa-pa deh. Hihiihii… Daripada nahan emosi trus stroke ringan, pilih mana? Makanya sekali ada kesempatan. Hajaarrrr!! Biar nggak teler di counter teller.

Ini buku curhatan seru dari mantan teller yang sempat kaya trus kembali jadi rakyat jelata.

“Waaaw, buku ini emeijing bangets. Aku tuh baru nyadar, nyimpen uang paling aman tu di bank. Bukan lagi di bawah bantal atau dalem kaleng kerupuk..”Marinem Lelawati, artis dangdut lagi magang


“Ya ampuunnn ini buku lucu sekali. Saya sampe meraung-raung antuk-antuk kepala bacanya…” —Tumingkem, gadis rumahan haus hiburan



19 komentar

September 13, 2014 at 2:00 AM Delete comments

Alhamdulillah terbit juga akhirnya. Selamat Bang, tak sabar ingin baca. :D

Reply
avatar
September 13, 2014 at 4:44 AM Delete comments

Bg Ferhaaaaat iri positif diriku! Seriuss dua rius. Kami ngikutin lho crrta teller di blog abang. Gk sabar pengen baca slgkpnya yg lain :)

Reply
avatar
September 13, 2014 at 9:51 AM Delete comments

Selamat Bang Ferhatt... saluatttttttt sekaliiii.... Makan2

Reply
avatar
September 13, 2014 at 8:48 PM Delete comments

trimkasih Makmur.. ayoo..ayooo dibeli.. :)

Reply
avatar
September 13, 2014 at 8:49 PM Delete comments

hahahaa.. ternyata Vina Tellernistic ya.. @-)

ayoo..dibelii dibelii...

Reply
avatar
September 13, 2014 at 8:51 PM Delete comments

nanti makan2nya waktu pesta abg aja yaa.. @-)

Reply
avatar
September 15, 2014 at 1:06 AM Delete comments

maaf, bukunya ada dmna ya, saya mau beli mas. d kota banda aceh bs dpt dmna y..??

Reply
avatar
October 26, 2014 at 9:32 AM Delete comments

sepertinya menarik bukunya.. harus beli nih... :)

Reply
avatar
January 12, 2015 at 10:59 PM Delete comments

Aku jd penasaran sama ceritanya. Pengen beli nanti. Ini pengalaman pribadi ya?

Reply
avatar
January 19, 2015 at 11:54 PM Delete comments

iya mb Caroline.. ditunggu reviewnya yaa

:))

Reply
avatar
January 19, 2015 at 11:55 PM Delete comments

Dijual di toko bangunan Mas Heri.. beli gih! sekalian sama obeng yaa

Reply
avatar
March 10, 2015 at 7:02 AM Delete comments

Penasaraaaannnnnnn pgn bacaaa semuaaa, crtanya samaaaa hahaha nadib teller sampek telerrrr

Reply
avatar
March 10, 2015 at 7:20 AM Delete comments

Penasaraaaannnnnnn pgn bacaaa semuaaa, crtanya samaaaa hahaha nadib teller sampek telerrrr

Reply
avatar
February 12, 2017 at 4:45 AM Delete comments

hahahhaa hihihihi iin ajaa laaa kocak ngakakk bacanya belum lagi bukunya wkwkwkwkw :D

Reply
avatar
February 12, 2017 at 7:01 PM Delete comments

jangan lupa dibeli yaaa..
syururuurruu

Reply
avatar
 
Ferhat Muchtar - Catatan Seru!