05 December 2015

Aceh Blogger Gathering 2015


Seperti yang sudah terdengar berulang-ulang, zaman sekarang blog dan blogger itu tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Bukan kerjaan iseng, bukan lagi tempat buangan kalau tulisan gagal tembus di media. Dunia blogging berkembang pesat. Tak terkecuali di Aceh. Pasca tsunami, dan semakin maraknya wifi gratis dimana-mana, dunia blog semakin hidup. Dulu cuma bergerak sendiri, dilanjut dalam bentuk komunitas. Kopdar sendiri, heboh sendiri sambil bagi-bagi link tulisan antar sesama. Dan kini semakin tumbuh bergerak. Setidaknya pemilik kebijakan pun mulai melirik.
Seperti hari ini.
Saat tulis catatan ini, saya sedang berada di tenda besar ala-ala tentara. Duduk di velbed, tempat tidurnya tentara, di tengah bukit Jantho. 
Bersama puluhan lainnya, kami sedang mengikuti Aceh Blogger Gathering 2015. Acara ini digelar Dinas Budaya Pariwisata provinsi Aceh. 

Awalnya kaget. Tumben-tumbennya orang dinas bikin hajatan untuk blogger. 
Disini, kami yang jumlahnya sekitar 65 orang ini diupgrade ilmu blog dan dunia internet marketing lainnya. Termasuk juga dunia photography wisata yang lagi booming akhir-akhir ini. Jadi walaupun acaranya gathering blogger, hadir juga pegiat instagram dan fotografer.

Dari keterangan dinas tadi pagi, acara ini selain ajang silaturahmi antar pegiat media sosial/blogger/komunitas, tapi juga sebagai bentuk apresiasi pemprov kepada komunitas/orang2 yang selama ini mempromosikan wisata Aceh melalui media sosial.

Seingat saya, mulai tahun 2011, Aceh mulai fokus dengan dunia wisata. Berharap semakin ramai orang berkunjung kesini, dan berharap orang luar mengubah persepsi yang terkadang terlanjur buruk menilai Aceh. Dan dunia maya salah satu cara untuk mempromosi dan mengubah persepsi orang-orang tentang Aceh. Baik lewat foto maupun tulisan.
Jadi tepat sekali tagline acara ini, "Ayo Menulis Aceh di Internet"

Mudah-mudahan acara ini terus berlanjut ke depannya. Nggak berhenti di tahun ini. Berharap juga, dinas-dinas lain menggarap hal serupa. Mengandeng blogger, pegiat instagram sebagai penyampai pesan.

Jantho Greeland.
#AcehBloggerGathering2015

5 komentar

December 5, 2015 at 6:02 PM Delete comments

Semoga, setelah acara ini, semakin banyak blogger yang tergerak untuk menuliskan informasi positif tentang Aceh di internet, ya, Hat. Salam sukses untuk kita semua. Hidup Blogger Aceh dan Blogger Indonesia! :)

Reply
avatar
December 5, 2015 at 6:03 PM Delete comments

Sayang banget sedang tidak di Aceh. Pengen ketemu Olivia Bendon di Nanggroe, ih! Salam utk semua dan thaks for sharing, Ferhat!

Reply
avatar
December 5, 2015 at 10:07 PM Delete comments

Udah ngeblog dari 2012, tapi ngga tau T,T

Reply
avatar
December 5, 2015 at 10:08 PM Delete comments

Udah ngeblog dari 2012, tapi ngga tau T,T

Reply
avatar
December 15, 2015 at 2:00 AM Delete comments

Semoga mendapat ilmu bermanfaat dari kegiatan ini. Aamin! :)

Reply
avatar
 
Ferhat Muchtar - Catatan Seru!