22 June 2013

Serunya ke Sabang dengan Kapal Cepat

Tulisan ini juga dimuat di http://www.atjehpost.com


Bingung mau mengisi liburan kemana? Nggak salah jika liburan kali ini, anda mengunjungi Sabang kota kecil di Pulau Weh. Selain dikenal sebagai titik nol Indonesia, pulau Weh juga terkenal dengan spot snorkling yang baik. Terumbu karang dan ikan beraneka jenis dengan mudah ditemui disana, terutama di area pulau Rubiah
Dari Banda Aceh menuju Sabang, anda bisa menempuh perjalanan laut dari pelabuhan Ulee Lheue. Pelabuhan Ulee Lheue terletak di pinggir Banda Aceh. Jarak tempuhnya berkisar 20 menit dari pusat kota.

Ada dua jenis kapal yang bisa anda pilih, kapal lambat dan kapal cepat. Kapal lambat seperti KMP BRR menempuh perjalanan 1,5 ke Balohan, Sabang. Tiket yang dibandrol Rp 20.500/orang, ini belum termasuk biaya kendaraan yang anda bawa.

Untuk kenyamanan dan waktu tempuh lebih cepat. Anda bisa memilih kapal cepat. Di pelabuhan Ulee Lheue tersedia beberapa armada kapal cepat yang dikelola pihak swasta. Salah satunya KM Pulo Rondo.
KM Pulo Rondo berkapasitas 250 orang. Tarif tiket berbeda berdasarkan tipe ruang yang anda pilih. Tipe VIP dibandrol Rp 85.000/orang. Ruangnya berada di lantai dua kapal di belakang ruang kapten. Selain ruangan berAC, anda juga disuguhkan snack perjalanan. Jika anda hobi bernyanyi, di ruangan ini juga tersedia fasilitas karaoke. Space ruangan lebih luas, dengan kursi penumpang lebih nyaman.

Selain tipe VIP, anda juga bisa memilih tipe bisnis yang tiketnya dihargai Rp 75.000/orang. Atau jika anda ingin lebih berhemat, bisa memilih ruangan tipe ekonomi. Ruangan ini letaknya di lantai dasar berdekatan dengan lambung kapal. Tiketnya lebih murah Rp. 60.000/orang. Bagi anak-anak tiket dihargai spesial, hanya Rp 40.000/orang.

Perjalanan kapal cepat menuju Sabang hanya menempuh sekitar 45 menit perjalanan. Jadwal keberangkatanpun setiap hari. KM Pulo Rondo melayani rute Banda Aceh-Sabang pada pukul 9.30 setiap harinya. Sedangkan dari Sabang-Banda Aceh pada jam 16.00 setiap harinya. Jika anda ingin memesan tiket online, bisa menghubungi 082164827717 (Cek Yus)


Selain kapal lambat atau KM Pulo Rondo, Anda juga bisa memilih armada kapal cepat lainnya. Alternatif ini bisa Anda pilih, jika Anda menginginkan keberangkatan lebih awal.
Salah satunya Express Bahari. Berdasarkan info di loket keberangkatannya, kapal ini sejak 25 mei 2013 lalu telah membuka 2 trip perjalanan dalam seharinya. Yang dibagi menjadi KM Express Bahari 9 dan Express Bahari 3B.

KM Express Bahari 9 dengan rute Banda-Sabang pada pukul 08.00 WIB. Sebaliknya dari Sabang-Banda Aceh pada pukul 14.00 WIB
Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati sore di perairan lepas menuju Sabang, bisa memilih jadwal keberangkatan KM Ekpress Bahari 3B pada pukul 16.00 WIB.
Dan jika Anda ingin kembali ke daratan Aceh sambil menikmati udara segar pagi hari, jadwal kepulangan dari Sabang-Banda Aceh pada pukul 08.00 WIB.

Untuk tarif perjalanan, Anda bisa memilih sesuai tipe ruang yang akan Anda tempati. Untuk ruang VIP tiket dibandrol Rp 85.000 dengan fasilitas ruangan berAC dan snack perjalanan. Sedangkan untuk ruang tipe executive tiket dihargai Rp 65.000 dengan ruang berAC.
Jika Anda ingin sedikit berhemat atau tidak ingin menggunakan ruang berAC, Anda bisa memilih kelas ekonomi yang tiketnya berkisar Rp 55.000/orang.

Di info loket juga dijelaskan jika Anda mengambil tiket pulang-pergi, Anda akan mendapatkan diskon Rp 20.000. Semisal, tiket pulang-pergi kelas VIP dibandrol Rp 150.000/orang. Atau tiket pulang-pergi kelas executive dihargai Rp 110.000/orang.


Masih bingung mau ke Sabang?

4 komentar

June 23, 2013 at 3:58 AM Delete comments

Terima kasih untuk infonya. Banyak ni yang mau ke Sabang. Mumpung liburan :)

Reply
avatar
September 14, 2014 at 7:52 AM Delete comments

Ada ya, info ini ,,,penasaran ke sabang :-)

Reply
avatar
August 2, 2015 at 10:21 PM Delete comments

Jika kita boking tiket jauh sblm berangkat boleh tdk ya

Reply
avatar
 
Ferhat Muchtar - Catatan Seru!