22 June 2013

Ada Dodol dalam Bambu!


Banyak cara untuk mendesain kemasan yang baik. Salah satunya produk dari Aceh Barat ini. Di festival kuliner Aceh yang berpusat di taman Ratu Safiatuddin, masing-masing daerah memamerkan dan menjual produk hasil karyanya. Termasuk dodol unik ini.

Sekilas cemilan ini terlihat asing. Bentuknya bulat memanjang, tidak seperti kemasan dodol kebanyakan yang hanya dibaluti plastik. Dodol talas ini diproduksi di jalan Imam Bonjol, Meulaboh. Pengurus PKK Aceh Barat, membina beberapa pengrajin dodol dengan merk Geulamoe Dodol Talas Aceh.

Dodol ini menggunakan bahan utama talas. Dengan tambahan komposisi tepung ketan, santan, gula pasir, dan gula merah. Dodol dibaluti plastik, lantas dimasukkan kedalam bambu kecil. Bambu kecil setinggi pulpen ini menjadi kemasan luar dodol. Kemasan yang unik dan asing, menjadi daya tarik tersendiri. Harganya dibandrol Rp 10.000/buah.

Rasa dodol talas ini tak jauh berbeda dengan rasa dodol kebanyakan. Manis berwarna pekat. Kemasan yang kuat, bisa didaur ulang untuk digunakan bagi keperluan lain.
“Bambunya bisa dijadiin kotak pensil,” sahut Ibu Diana, salah satu pengurus PKK Aceh Barat.
Produksi dodol talas Meulaboh ini baru dimulai 2012. Rentang waktu yang masih awal, menjadikan distribusi dodol belum begitu merata.


tulisan ini juga dimuat di http://www.atjehpost.com

# # #

1 komentar

June 23, 2013 at 4:01 AM Delete comments

Penasaran sama bentuk dodolnya, Bg.

Reply
avatar
 
Ferhat Muchtar - Catatan Seru!